Logo

Wagub Jabar Tinjau Rumah Tahan Gempa di Baros

Berita | Dinas Kesehatan Kota Sukabumi | 07 Sep 2021 | Dilihat : 401


Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengunjungi Sukabumi pada 5 September 2021. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Gubernur menghadiri beberapa agenda diantaranya bersama Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, meninjau rumah tahan gempa di Kelurahan Baros.

Rumah tahan gempa merupakan salah satu hasil kerja sama program kesiapsiagaan bencana antara PMI Kota Sukabumi dan Palang Merah Amerika Serikat (Amcross) yang dilaksanakan di Kecamatan Baros sejak tahun 2019 hingga 2021. Dalam pembangunan rumah tahan gempa, salah seorang rumah warga dijadikan percontohan dan diperkuat dengan teknik retrofitting.

Wakil Gubernur seusai meninjau rumah tahan gempa tersebut, menyatakan ketertarikannya karena rumah tahan gempa dari segi dana menghabiskan biaya yang sama dengan membangun rumah biasa. Selain itu, ia mengharapkan rumah tahan gempa di Kelurahan Baros dapat ditiru didaerah lain terutama daerah rawan gempa. Dijelaskannya, pembangunan rumah tahan gempa dapat dilakukan pada program rehabilitasi rumah tidak layak huni yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota.

sumber : https://portal.sukabumikota.go.id/17024/wagub-jabar-tinjau-rumah-tahan-gempa-di-baros/